Research Executive itu Apa?

Assalamualaikum...wr.wb.

Hari ini aku akan cerita tentang apa itu research executive, apa aja jobdesknya, salary nya perlu ga ya hmmm dan seru ga sih?

Ini aku jelasin berdasarkan pengalaman pribadi aku ya. Setelah lulus aku keterima di perusahaan lokal di jakarta. Aku bekerja sebagai junior research executive, iya masih junior soalnya baru lulus banget. Kerjanya itu per tim, actually aku suka kerja tim dari pada sendiri-sendiri, berasa ada teman seperjuangan aja gitu. Perusahaan tempat aku bekerja ini bergerak di bidang jasa, disebut agensi dan masuk kategori marketing research.

Jadi, research executive itu peneliti atau melakukan riset sesuai dengan keinginan klien. Menangani keinginan klien ini penuh drama loh hahhaha... tergantung kliennya juga sih. Oke masuk ke jobdesknya, aku kasih semua jobdesknya tapi ini ga semuanya aku kerjain sendiri, karena ini tim yaa.
1. Membuat proposal (ini bagian level manager ya)
Kenapa harus manager? karena proposal ini yang akan menentukan, perusahaan mana yang berhak untuk menjalankan project dari klien, jadi nanti akan ada beberapa kandidat perusahaan riset dan disayembarakan gitu.

2. Membuat Kuesioner (ini bagian senior research executive)
Tahapan selanjutnya membuat kuesioner, pembuatan kuesioner ini adalah hal yang tidak kalah pentingnya. Semua tujuan penelitian harus mencakup di dalam kuesioner, apabila ada yang salah maka...harus survei lagi, sayang bangetkan waktu dan tenaga yang terbuang kalo harus ngulang-ngulang lagi. Makanya yang bikin kuesioner ini yang udah senior dan setelah bikin, kita bakal minta feedback dulu ke klien sebelum kuesioner diberikan ke bagian pengumpulan data. Setelah tektok-tektok kuesioner sama klien beres. Barulah kuesioner meluncur ke bagian field.


3. Follow Up Field
Ini sangat penting untuk menjaga timeline agar tidak terjadi ke-ngaret-an dalam proses reporting data. Biasanya pengumpulan data ini memakan waktu satu minggu sampai satu bulan tergantung jumlah sampelnya. Data dibagian field ini cukup panjang, mulai dari :
- Briefing project : ini ngebicarain cara wawancara, kriteria responden, dan target pengumpulan data
- Quality Control : ini pengecekan kuesioner apakah sudah sesuai prosedur dan tidak ada yang kosong-kosong
- Coding kuesioner : pertanyaan-pertanyaan terbuka akan di kasih code angka dulu biar gampang di dibikin persentasenya.
- Entry data : setelah semuanya diberi kode angka, data siap di entry
- Data processing : data yang sudah di entry bakal di proses menjadi tabulasi yang isinya persentase dan count (aku sih bilangnya nilai absolut). Setelah ini data dikirim deh ke research executive.

4. Reporting
Setelah dapat data, dibikin deh report nya dalam bentuk power point dan terkadang ada juga yang word biar kayak penelitian skripsi gitu, beda klien beda permintaan. Nah, yang ngerajin ini aku dibantu juga sama senior. Setelah selesai reporting, hasil research ini dikirim ke manager atau level atasan utnuk diperiksa yang sentuhan terakhir yaitu insight dan recommendation (ini bagian terpenting dari riset).

5. Presentation
Report beres tinggal ketemu klien deh, yang presentasi level manager ke atas.


Masalah salary, sebenarnya itu tergantung dimana tempat kamu bekerja dan seberapa berpengalaman kamu disana. Tentunya orang yang lebih berpengalaman akan dibayar lebih mahal. Karena aku fresh gradute jadi ketika nego gaji, aku ga nego karna bingung juga mau nawar berapa toh pengalaman juga ga ada hehehee. Tapi next jika kamu udah punya pengalaman, jangan takut nawar jika salarynya masih kurang menurut kmu, tapi kalo udah tinggi jangan hahaha. Jangan lupa bersyukur atas yang kamu punya.

Terkait seru?? Seru banget. Untuk kamu yang suka bosenan dan ga suka hal-hal monoton. Kamu cocok banget kerja di bagian ini. Dalam satu bulan kamu bisa megang beberapa project dengan topik yang berbeda-beda jadi kamu bakal selalu nemuin hal-hal baru. Ohya, research executive juga sering keluar kota loh, karna cakupan surveinya kebanyakan indonesia jadi bakal ke ambil beberapa provinsi. Seru banget kan bisa keliling indonesia sambil kerja (bosen kan kalo di kantor mulu- buat orang yang bosenan). Selamat mencoba yah.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar