Yakin Mau Poligami Wahai Kaum Adam?

Assalamualaikum wr.wb.

Hai akhirnya aku nulis lagi di blog yang sudah berdebu ini haha... Selamat menikmati penghujung tahun 2018 teman-teman. Hari ini lagi heboh banget di media sosial tentang poligami. Sebenarnya ga ada yang perlu dipermasalahkan sih tentang poligami ini. Karena hukum poligami dalam islam  sudah diatur di dalam Al-Qur'an. Dan segala hal yang terjadi jika ber-poligami juga akan dipertanggungjawabkan nantinya di akhirat. Allah itu Maha Adil kok. Dan Allah mendengar doa orang ter-dzalimi loh ya, jadi jangan sampai kamu kamu kamu para pria men-dzhalimi istrimu sendiri loh ya hehehe...


Oke aku bakal bahas satu ayat tentang poligami ini yang terdapat dalam surah An-Nisa ayat 3 :


“Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.”


Kalimat pertama dan kedua selalu diawali dengan kata-kata "Jika kamu takut tidak dapat berlaku adil". Disini aku berpendapat bahwa pernikahan itu bukan hal sepele, karena pernikahan itu adalah ibadah yang sangat panjang dan banyak ujian disana serta harus dipertanggungjawabkan nantinya di akhirat. Dan disini ditekankan untuk para pria berbuat adil terhadap wanitanya. Perilaku adil ini untuk menghindari wanitanya ter-dzalimi nantinya. (Ya namanya cewek kan ya, gampang baper dan tersinggung, apalagi kalo lagi PMS hahahaa).


Okay, next. Jika kalian para pria belum bisa berbuat adil, maka menikahlah dengan seorang saja. Bersikap adil itu ga gampang loh, kalau salah bersikap nantikan akan masuk ke sifat dzalim atau aniaya. Jadi harus berhati-hati loh ya. Dan pikir-pikir lagi kalo mau poligami, pikirin tanggungjawab kalian di dunia dan di akhirat nanti hehehe. Karena menjadi laki-laki itu ga gampang menurut aku.


Kenapa ga gampang? Laki-laki itu penuh tanggungjawab di hidupnya. Dan laki-laki seharusnya menafkahi 3 perempuan di hidupnya. Wow ga main-main kan tanggung jawabnya. Siapa aja wanita itu? Pertama, ibunya. Seumur hidup laki-laki tetap milik ibunya dan harus berbakti pada ibunya karena surganya tetap pada ibunya loh yaa. Berbeda dengan perempuan, setelah menikah perempuan berbakti pada suaminya yah. Jangan dibalik ya hahaha. Kedua, istrinya, yaps ini pasti udah pada tau lah ya suami emang tugasnya menafkahi istrinya. Next yang ketiga, saudara perempuannya. Wahai para pria yang memiliki saudara perempuan, kalian harus mengetahui ini yaaah hehehe. 


Nah, jika kalian memiliki istri lebih dari satu berarti ada 4-6 wanita yang harus kalian nafkahi ya. Ini baru bahas finansial, belum bahas perkara lainnya yang harus bersikap adil. Karena dengan banyak uang aja belum tentu kalian adil loh hahaha. Selamat menentukan pilihan wahai para pria. Setiap pilihan yang kalian pilih harus dipertanggung jawabkan nantinya. Sekian pendapat aku tentang poligami teman-teman.


Have a nice day!!! See you all :)


3 komentar: